motherbreast-300x240-300x200

Jangan menghentikan bayi menyusui secara tiba-tiba

Komponen ASI bervariasi dari awal hingga akhir menyusui.  ASI awal (Foremilk) adalah ASI yang bening yang diproduksi pada awal penyusuan, foremilk banyak mengandung laktosa dan protein. ASI akhir (Hindmilk) adalah ASI yang lebih putih pekat dan diproduksi di akhir penyusuan, hindmilk banyak mengandung lemak yang diperlukan untuk sumber energi bayi. Sumber energi dalam ASI 50% didapat dari lemak yang terkandung di hindmilk.

Bayi mendapatkan sumber energi sebagian besar dari lemak yang terkandung di ASI akhir (Hindmilk), oleh karena itu bayi harus menyusu sampai payudara kosong baru pindah ke payudara satunya apabila bayi masih menginginkan menyusu. Menghentikan secara tiba-tiba bayi yang menyusu akan mengurangi  lemak yang dia dapat sehingga dia tidak mendapatkan energi yang cukup untuk pertumbuhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>